Tugas 3 dan 4
PIRANTI KOMPUTER
N a m a : S u r n a
N I M : 10861021
Tgl Kuliah : 3 Desember 2010
1. Pendahuluan
Ada beberapa hal yang harus kita dipertimbangkan saat memilih piranti. Hal – hal tersebut berkaitan erat dengan :
- Kondisi lingkungan
- Keselamatan kerja
- Variasi dalam tugas
- Hubungan dengan pekerjaan lain
Perlu diperhatikan pula mengenai karakteristik pengguna, karena pengguna dapat bervariasi dalam pengetahuan, keterampilan, kemampuan, pengalaman, kebudayaan, dan gender. Juga perlu disesuaikan antara teknologi, pengguna, kerja yang diinginkan, dan lingkungan kerja. Piranti yang dipilih harus cocok dengan karakteristik pengguna, keahlian, dan training yang pernah dilakukan.
2. Piranti Masukan (Input Device)
Masukan merupakan sesuatu yang berhubungan dengan proses perekaman dan pemasukan data ke dalam sistem komputer dengan cara atau mekanismenya memberi perintah ke komputer. Agar dapat berinteraksi dengan sistem komputer secara efektif, pengguna harus mampu mengkomunikasikan keinginannya dengan cara yang dapat dimengerti sistem komputer.
Salah satu kunci dalam membantu pemilihan piranti masukan dan memutuskan bagaimana akan digunakan untuk mengendalikan suatu kejadian dalam sistem adalah dengan membantu pengguna untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan: AMAN, EFEKTIF, EFISIEN, dan MENYENANGKAN
Pemilihan piranti masukan harus memberi kontribusi positif terhadap penggunaan sistem. Secara umum piranti masukan yang paling tepat akan memenuhi salah satu faktor berikut:
Ø Cocok dengan karakteristik pengguna, keahlian, dan training yang pernah dilakukan
Ø Sesuai dengan tugas yang akan dilakukan
Ø Sesuai dengan maksud pekerjaan dan lingkungannya
Dalam praktek tidak ada satu piranti masukan yang dapat memenuhi semua kebutuhan. Diperlukan lebih dari satu piranti masukan agar dapat saling melengkapi misalnya keyboard dan mouse.
Secara umum:
- mudah digunakan
- bentuknya ergonomis
- mempunyai sistem umpan balik yang baik
Dalam pemilihan piranti kita perlu memperhatikan panduan dalam memilih piranti. Panduan tersebut yaitu :
v Pertimbangkan karakteristik dari user sekarang dan masa dating
v Cocokkan karakteristik piranti masukan terhadap persyaratan yang diminta
v Pertimbangkan penelitian sebelumnya dan unjuk kerja user
v Ujilah piranti masukan didalam lingkungan kerja
v Optimumkan sifat-sifat piranti yang mudah dimodifikasi
v Pemilihan piranti yang sesuai dengan jenis pekerjaan.
Jenis pekerjaan | Piranti yang cocok |
Masukan numeric | Tombol numeric |
Masukan teks | Alphanumeric keyboard (QWERTY) |
Seleksi obyek | Mouse, Joystick, Trackball, Light pen |
Manipulasi obyek | Mouse, Joystick, Trackball, Light pen |
Tacking (Alur) | Mouse, Light pen |
2.1 Kategori Piranti Masukan
Keyboard merupakan salah satu piranti input yang paling utama untuk berinteraksi dengan sistem komputer dan piranti terbaik untuk masukan berbentuk teks.
Keyboard memiliki kelemahan yaitu untuk melaksanakan pekerjaan berbentuk pilihan (mis: dari suatu menu), keyboard lebih lambat, kurang akurat, dan kurang disukai pengguna dibandingkan piranti masukan lainnya .
Tombol pada keyboard dikelompokkan menjadi 4 bagian : Tombol Fungsi (function key), Tombol Alphanumerik (alphanumeric key), Tombol Kontrol (control key) , dan Tombol Numerik (numeric key).
Types of Keyboard
l Enhanced or Extended keyboard – Typically 101 keys laid out in the QWERTY fashion; connected to the computer by a serial cable
l Cordless keyboard – Uses infrared or radio wave signals
l Ergonomic keyboard – Designed to help prevent Cumulative Trauma Disorder (CTD) or damage to nerve tissues in the wrist and hand due to repeated motion.
Keyboard QWERTY
n Didesain sedemikian rupa sehingga key yang paling sering ditekan terpisah letaknya, sehingga bisa meminimalkan kemacetan pada saat mengetik
n Umumnya orang sudah familiar dengan layout keyboard yang disebut dengan “QWERTY”, yaitu susunan huruf tombol kiri atas.
n Pertama kali digunakan pada mesin ketik di USA tahun 1874
B. Audio
1. Mikropon
Prinsip kerja mikropon adalah pengubahan variasi tekanan udara karena adanya suara, menjadi variasi isyarat listrik.
2. Automatic Speech Recognition (ASR)
Sistem ASR dapat mengenali masukan berupa kata-kata dalam kalimat, sistem ini memiliki: penganalisis, pengklasifikasi pola, dan pemrosesan bahasa.
3. Speech Recognition – Microphone
• Speech recognition is a type of input in which the computer recognizes words spoken into a microphone
• Special software and a microphone are required
• A microphone – an input device that converts sound input into electrical signals
• Latest technology uses continuous speech recognition where the user does not have to pause between words
C. Pointing Devices
Piranti ini dapat digunakan untuk menunjuk suatu titik atau jalur. Piranti penunjuk ini meliputi: joystick, trackballs, dan mouse. Piranti penunjuk merupakan piranti masukan kontinyu, meskipun mouse dapat dianggap sebagai piranti kontinyu dan diskret (dengan menekan tombol mouse).
1) Mouse (and pen mouse)
Sebuah mouse menggabungkan dua operasi penting berbasis layar:
o Kemampuan menggerakkan kursor
o Kemampuan memilih suatu obyek pada layar ke dalam satu piranti
Gerakan mouse pada permukaan datar menentukan gerakan kursor pada layar, mouse umumnya mempunyai 1 sampai 3 tombol pada bagian atas untuk pilihan obyek.
2) Joystick
Gerakan kursor pada joystick dikendalikan sebuah tuas yang ditanamkan pada sebuah alas.
Sifat Joystick :
o Membutuhkan tempat yang sedikit
o Tidak mengganggu layar
o Harganya murah, sehingga banyak digunakan pada permainan komputer (game).
3) Trackball
Dilukiskan sebagai gabungan fungsi dari joystick dan mouse. Terdiri atas dasar yang tetap, yang menyangga sebuah bola. User hanya menggerakkan bola untuk memindahkan kursor.
Sifat trackball:
o Mudah dipelajari
o Membutuhkan sedikit ruangan (seperti joystick)
o Salah satu piranti penuding yang terefisin (dalam hal ketepatan dan kecepatan)
4) Touch Screen
Digolongkan dalam panel sensitif sentuhan.
Keuntungan touch screen:
a. Cepat dan tidak membutuhkan pointer khusus
b. Baik untuk pemilihan menu
c. Membutuhkan sedikit atau tanpa tambahan ruang kerja
Kerugian :
a. Jari-jari dapat mengotori layar.
b. Jari tangan bukan alat penuding yang presisi, terutama untuk untuk menuding bagian-bagian daerah yang kecil.
5) Light pen
Merupakan pena yang membangkitkan informasi ketika ditudingkan pada layar. Ketika light pen ditudingkan pada tampilan CRT, sebuah lensa memfokuskan setiap cahaya yang dipancarkan dari layar menuju sebuah detektor cahaya atau photocell.
Permasalahan pada light pen:
o pena dpt mengganggu layar
o gampang rusak atau patah
o melelahkan tangan
4. Scanning
Formatted Scanning :
· barcode reader
· Magnetic ink character recognition
· Optical mark recognition
· Optical character recognition
Unformatted Scanning :
Image Scanning, Optical character recognition, pen based computer
5. Scanner
Merupakan peranti yang dapat mengambil masukan data gambar, foto, juga tulisan tangan. Hasilnya kemudian diubah menjadi isyarat digital dan dapat disimpan di dalam disk. Alternative Input Devices: digital camera, digital video, video conferencing, web cam.
6. Specialized :
1. Dedicated: Automated teller machine
Point of sale system
2. Motion : glove, headset, walker
3. Piranti Keluaran (Output Device)
l Output devices are peripheral devices that enable users to view or hear the computer’s processed data
l Visual output – Text, graphics, and video
l Audio output – Sounds, music, and synthesized speech
A. Visual Display System
A visual display system is composed of two parts:
§ Video adapter – Responsible for video quality
§ Monitor – Displays the video adapter’s output
B. Monitor
A monitor is a peripheral device which displays computer output on a screen
Types of monitors:
o Cathode-ray tube (CRT)
o Liquid Crystal Display (LCD or flat-panel)
Cathode-Ray Tube (CRT)
l Uses picture tube technology
l Less expensive than a LCD monitor
l Takes up more desk space and uses more energy than LCD monitors
Liquid Crystal Display (LCD)
Liquid Crystal Display (LCD) Used for notebook computers, PDAs, cellular phones, and personal computers
l More expensive than a CRT monitor
l Takes up less desk space and uses less energy than CRT monitors
l Types of LCD monitors:
§ Passive-matrix LCD
§ Active-matrix LCD
§ Gas plasma display
§ Field emission display
Monitor Specifications
l Screen size – The diagonal measurement of the screen surface in inches (15, 17, 19, 21)
l Resolution – The sharpness of the image determined by the number of horizontal and vertical dots (pixels) that the screen can display (800 x 600, 1024 x 768, 1600 x 1200)
l Refresh rate – The speed at which the screen is redrawn (refreshed) and measured in Hertz (Hz) : 60Hz atau 75Hz
C. Printer
A printer is a peripheral device that produces a physical copy or hard copy of the computer’s output
Two basic types:
a) Impact printer: print head that contacts the paper to produce a character
l It uses ink ribbon
l It is noisy, produces Near-letter quality printouts, and is not commonly used today.
b) Dot-matrix
Non-impact printer: The non-impact printer is the most commonly used printer today and It works quietly compared to an impact printer
D. INKJET
l Inkjet printer, also called a bubble-jet, makes characters by inserting dots of ink onto paper
l Letter-quality printouts
l Cost of printer is inexpensive but ink is costly
E. LASER
n Laser printer works like a copier
n Quality determined by dots per inch (dpi) produced
n Color printers available
n High initial costs but cheaper to operate per page
Multifunction Printer
A multifunction printer combines the functions of a non-impact printer, scanner, fax machine, and copier in one unit.
F. Plotter
l A plotter is a printer that uses a pen that moves over a large revolving sheet of paper
l It produces high-quality images
l It is used in engineering, drafting, map making, and seismotology
G. Audio Output
v Audio output is the ability of the computer to output sound
v Two components are needed:
l Sound card – Plays contents of digitized recordings
l Speakers – Attached to sound card
v Digital formats include WAV, MPEG, MP3, and MIDI
Computer System
1. Hardware (Perangkat Keras)
Perangkat Keras (Hardware) adalah peralatan di sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah.
Spesifikasi Standar Sistem Unit Komputer :
A. Prosesor (Processor)
§ Prosesor merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang melakukan pemprosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi komputer secara keseluruhan.
§ Prosesor terdiri atas dua bagian utama, yaitu ALU (Arithmatic Logical Unit) sebagai pusat pengolah data dan Control Unit sebagai pengontrol kerja komputer
§ Prosesor disebut juga sebagai otak komputer.
Prosesor (Processor)
n Intel
Ø Pentium 1 – 4 Ø Celeron Ø Core Duo | Ø Core 2 Duo Ø Quad Core |
n AMD
Ø Duron Ø Atlhon XP Ø Barton | Ø Sempron Ø AM2 |
B. Memori (Memory)
Berdasarkan fungsinya dibagi menjadi dua yaitu:
a. Primary Memory
Primary Memory dipergunakan untuk menyimpan data dan instruksi dari program yang sedang dijalankan. Biasa juga disebut sebagai RAM. Karakteristik dari memori primer adalah:
- Volatil (informasi ada selama komputer bekerja atau hidup)
- Kecepatan tinggi
- Akses random (acak)
b. Secondary Memory
Secondary memory dipergunakan untuk menyimpan data atau program biner secara permanen. Karakteristik adalah:
1. Non volatil atau persisten (Nonvolatile memory that can be erased electronically and reprogrammed)
2. Kecepatan relatif rendah dibandingkan memori primer (Slower than Primary Storage)
3. Akses random atau sekuensial
4. Huge storage capacity
5. Cheaper than Primary Storage
6. Magnetic and optical storage media
contoh: floppy, harddisk, CD ROM, magnetic tape, optical disk
c. Jenis Memori
ROM (Read Only Memory)
§ ROM hanya dapat dibaca
§ ROM merupakan memori permanen yang terdapat pada sistem komputer yang sudah disusun dan dibuat oleh pabrik dan biasanya tidak dapat diubah oleh pengguna komputer.
§ ROM berisi program pokok untuk konfigurasi sistem komputer, seperti BIOS, BASIC dan BootStrap Loader. Sinyal didalam ROM ini yang mengatur segala tugas CPU saat komputer mulai diaktifkan/dihidupkan.
RAM (Random Access Memory)
§ RAM dapat dibaca dan ditulis
§ Semua data yang dimasukkan melalui alat input pada setiap aplikasi akan dimasukkan terlebih dahulu ke dalam RAM.
§ Data-data yang terdapat dalam RAM ini hanya bersifat sementara, apabila komputer dimatikan maka data tersebut akan hilang.
Jenis-Jenis Memori (RAM)
n EDO RAM (Extended Data Output Random Access Memory )
n SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory )
n DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory)
n DDR SDRAM 2 dan 3
C. Mainboard (Motherboard)
Mainboard adalah papan rangkaian utama yang berfungsi sebagai pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang tersambung padanya.
Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC.
Komponen di dalam Mainboard :
§ Chipset
§ AGP (Accelerated Graphics Port)
§ Soket Memori
§ Soket Prosesor
§ CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor)
§ Port Peranti Eksternal (serial, paralel, audio, USB)
§ Soket Catu Daya (power supply, fan)
§ Konektor Casing
§ Konektor IDE (Integrated Development Environment) dan Floppy
D. Sound Card:
Sound card itu peripreal untuk mengolah data digital dari komputer menjadi analog untuk disalurkan ke speaker dan sebaliknya data analog dari mic atau alat lain diubah menjadi digital untuk diolah di komputer.
E. LAN (Local Are Network) Card:
- LAN CARD merupakan penghubung antara sistem komputer dengan kinerja komputer lain
- LAN CARD merupakan sinyal untuk saling berbagi antara komputer satu dengan komputer yang lain
- Prinsip kerja LAN CARD adalah menerima sinyal dari komputer lain kemudian mentranmisikan ke dalam masukan kemudian diolah menjadi data begitu sebaliknya saling berbagi.
- LAN CARD dapat digunakan untuk menghubungkan sistem komputer satu dengan komputer lain melalui perantara HUB sehingga dalam area tersebut membentuk suatu jaringan komputer.
F. CENTRAL PROCESSING UNIT (CPU)
Cara Kerja CENTRAL PROCESSING UNIT (CPU) :
• Pemrosesan instruksi oleh CPU mencakup 2 tahap: Instruction Fetch dan Instruction Execute
• Instruction Fetch: tahap pertama dimana CPU mengambil atau membawa atau menjemput instruksi dari main memory ke CPU
• Instruction Execute: tahap kedua dimana CPU memproses instruksi yang sudah dijemput dari main memory dan sudah berada di IR (Instruction Register)
• Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tahap pertama disebut waktu instruksi (instruction time)
• Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tahap kedua disebut waktu eksekusi (execution time)
• Tahap pertama dan tahap kedua disebut sebagai siklus mesin (machine cycle) dan seluruh waktu yang dibutuhkan oleh kedua tahap disebut waktu siklus (cycle time)
• Ukuran dari waktu siklus dalam satuan Mega Hertz (MHz) atau Giga Hertz (GHz)
2. Software (Perangkat Lunak )
Pengertian dari software adalah program yang berisi instruksi atau perintah untuk melakukan proses pengolahan data. Dengan pengertian lain software yaitu mesin yang memproses data menjadi informasi. Software dapat meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah.
Perangkat Lunak salah satu unsur komputer yang berperan penting dalam memproses data atau memecahkan masalah. Sebuah mesin tidak dapat melakukan tugas apabila tidak didukung oleh perangkat lunak.
A. Program
Deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki. Dibuat oleh vendor perangkat lunak.
B. Dasar – dasar Software
Beberapa istilah dasar perngkat lunak (software) yaitu:
1) Computer Programs
Yaitu susunan instruksi – instruksi bagi computer.
2) Stored Program Concept
Instruksi – instruksi tertulis dalam program yang disimpan dan dieksekusi oleh CPU ketika diperlukan.
3) Programming
Proses penulisan atau pengkodean program.
4) Programmers
Seseorang yang menampilkan pemrograman.
Computer Software memiliki dua komponen, yaitu :
1. SystemsSoftware : Membuat fungsi – fungsi computer. Instruksi – instruksi yang mengelola sumber – sumber hardware (perangkat lunak).
2. Application Software: Mengerjakan sesuatu yang menarik. Instruksi – instruksi yang menampilkan tugas – tugas user secara khusus.
Perangkat Lunak Sistem terbagi menjadi 3
1. Sistem Operasi (Operating System)
2. Utilitas (Utilities Programs)
3. Device Driver
1. Definisi Sistem Operasi (Operating System)
Operating System (OS) adalah sebuah program penghubung antara user komputer dengan hardware komputer yang terdiri atas kumpulan program yang dibuat oleh vendor dengan memperhatikan bentuk dan cara kerja hardware.
OS berdasar pada American National Standard Institute (ANSI): Software yang mengontrol pelaksanaan program-program komputer, yaitu dengan mengatur waktu proses, pengecekan kesalahan, mengontrol input dan output, melakukan perhitungan, kompilasi, penyimpanan, pengolahan data serta pelbagai bentuk layanan yang terkait.
Tujuan dan Bagan Sistem Operasi
Tujuan
- Menyediakan atau menyiapkan kondisi agar pengguna dapat menjalankan program
- Untuk menggunakan hardware komputer secara efisien
Tiga Fungsi Utama Sistem Operasi (OS)
1. Manajemen Proses
Mencakup persiapan, penjadwalan, dan pemantauan proses pada komp
2. Manajemen Sumber Daya
Berkaitan dengan pengendalian terhadap pemakaian sumber daya dalam sistem komputer yang dilakukan oleh software sistem ataupun software aplikasi yang sedang dijalankan
3. Manajemen Data
Berupa pengendalian terhadap data Input/Output termasuk dalam hal peng-alokasian piranti penyimpanan sekunder maupun memori utama
Contoh Sistem Operasi :
a. Mikrosoft
Nama perusahaan Perangkat Lunak. Perusahaan ini didirikan semenjak tahun 1975, dan perusahaan yang terbesar dan paling berpengaruh di dunia komputer. Pendiri dan tokoh pimpinannya, Bill Gates, sempat menempati orang terkaya di dunia.
Produk dari perusahaan ini yang cukup menonjol adalah MS-DOS (Microsoft - Disk Operating System), Microsoft Windows, Microsoft Office.
b. Linux
Linux merupakan turunan dari sistem operasi UNIX. Linux adalah sistem operasi berbasis GPL (General Public Licence) yang berarti dapat dikopi secara bebas tanpa harus membayar kepada pemegang lisensi, dengan catatan source code harus selalu disertakan dalam penyebarannya.
Linux diciptakan oleh Linus Torvalds pada mahasiswa ilmu komputer di Universitas Helsinki tahun 1991 di Finlandia
Pada awalnya Linux masih sangat sederhana dan belum memiliki kekuatan seperti UNIX, tetapi dengan bantuan para hacker, Linus terus mengembangkan Linux dan akhirnya memiliki kemampuan yang sejajar dengan sistem operasi komersial lainnya.
2. Utilitas (Utility Program)
System software yang menjalankan tugas-tugas maintenance, umumnya disebut Utility Program.
File Manager
Menjalankan fungsi-fungsi seperti melakukan copy, memberi nama, menghapus, dan memindah file. Image viewer menampilkan isi dari file gambar ketika user melakukan double click.
Personal Firewall
Mendeteksi dan mengamankan personal computer dari instruksi-instruksi yang tidak dikenal (unauthorized instructions).
Uninstaller
Menghapus program yang ada di localdisk c:
Disk Scanner
Mendeteksi dan mengkoreksi masalah pada hard disk atau floppy disk dan mencari atau menghapus file-file yang tidak digunakan
Disk Defragment
Mengatur ulang file-file dan space yang tidak digunakan pada hard disk sehingga program dapat berjalan lebih cepat
Diagnostic Utility
Melakukan penyusunan informasi secara teknik tentang hardware dan beberapa software. Mempersiapkan laporan masalah secara terurai
Backup Utility
Melakukan duplikasi file-file yang dipilih atau seluruh hard disk ke disk atau tape. Umumnya melakukan compress files pada saat melakukan backup sehingga membutuhkan tempat lebih kecil
Screen Saver
Layar monitor menampilkan gambar bergerak atau layar kosong apabila tidak ada aktifitas untuk beberapa waktu
3. Device Driver
Adalah program yang berfungsi untuk membantu komputer mengendalikan peranti-peranti peripheral.
Perangkat lunak ini biasanya disediakan vendor yang memproduksi perangkat keras. Contoh: ketika memasang modem atau scanner, perlu menginstal device driver supaya perangkat keras tersebut dapat berfungsi dengan baik.
C. Bahasa Pemrograman (Programming Languages)
Adalah program yang digunakan untuk membuat program komputer.
Bahasa Tingkat Rendah
Bahasa mesin (assembler), bahasa ini menggunakan kode angka 0 dan 1 Contoh: Machine language dan Assemble Language.
Bahasa Tingkat Tinggi
Bahasa mesin yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa manusia (Inggris) Contoh: Basic, Cobol, Fontran, dan Pascal.
Bahasa Generasi Keempat
Bahasa pemograman yang berorientasi pada objek, contoh: Visual Basic, Delphi, dan Visual C++
Jenis-Jenis Software
a. Software Komersial
Bertujuan untuk dijual dan ada hak cipta
b. Software Domain-Public
Sifatnya gratis dan berupa source code
c. Shareware
Digunakan untuk evaluasi dan tanpa source code, ada hak cipta dan ada yang tidak ada.
d. Rentalware
Disewakan dan ada hak cipta
e. Free Software
Dilengkapi dengan source code dan
bersifat gratis/membayar dengan sangat murah
f. Freeware
Bersifat gratis dan tanpa source code, bertujuan menarik peminat untuk membeli versi lanjutannya
g. Open Source
Hampir sama dengan Free Software, hanya beda dalam hal filosofi dan terdapat hak-hak
untuk pemakai, antara lain:
• Hak untuk membuat salinan program dan men-distribusikan salinan tersebut.
• Hak untuk mengakses source code sebagai syarat untuk dapat melakukan pemodifikasian.
• Hak untuk melakukan pengembangan program



























Komentar
Posting Komentar